Struktur dan Fungsi Dinding Sel


Hai :)
Pada kesempatan Kali ini saya akan membahas mengenai Dinding sel

Dinding sel atau tembok sel adalah struktur diluar membrane plasma yang membatasi ruang bagi sel untuk membesar.Dinding sel merupakan ciri khas yang dimiliki tumbuhan, bakteri, fungi (jamur), dan alga, meskipun struktur penyusun dan kelengkapan berbeda. 

Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak bebas, namunm hal ini berakibat positif karena dinding sel dapat memberikan dukungan, perlindungan, perlindungan dan penyaringan (filter) bagi struktur dan fungsi sel sendiri.

Dinding sel mencegah kelebihan air yang masuk kedalam sel. Dinding sel (cell wall) adalah struktur ekstraseluler sel tumbuhan yang membedakan sel tersebut dengan sel hewan. Pada tingkatan tumbuhan utuh, dinding kuat memiliki sel-sel yang terspesialisasi akan menahan tumbuhan tetap tegak melawan gaya gravitasi. 

Prokariota, fungi dan beberapa Protista juga memiliki dinding sel. Dinding sel pada umumnya lebih tebal, lebih kuat, dan paling penting dari semuanya adalah lebih kaku daripada matriks ekstraselullar yang dihasilkan oleh sel-sel hewan. Dinding sel tersebut dapat mencapai ketebalan beberapa micrometer. Adapun sruktur dari dinding sel adalah terdiri atas lapisan tengah, dinding sel primer, dan membrane plasma.
Mahasiswa Update Media Sharing and Information

0 Response to "Struktur dan Fungsi Dinding Sel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel